Tips Sandra Dewi Agar Anak Tak Bosan Di Rumah

Written by Riko on February 23, 2021 in LIP 4 with no comments.

Caranya, tetap adakan pertemuan rutin dengan teman sekolah meski hanya virtual. Menyediakan ruangan khusus yang kondusif dengan sirkulasi udara yang bagus penting untuk menjaga konsentrasi anak selama belajar di rumah. Agar fokus pada anak tidak mudah teralihkan sehingga belajarnya menjadi maksimal. Nah, saat anak mulai menunjukkan tanda-tanda bosan dan tidak fokus, ajak ia untuk istirahat sejenak dan tanyakan cara belajar seperti apa disukainya. Pemerintah menganjurkan semua orang untuk melakukan bodily distancing dan tidak berpergian ke luar rumah untuk menghentikan penyebaran virus Corona, kecuali untuk keperluan mendesak. Di tengah pandemi Covid-19 ini pemerintah menghentikan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan dialihkan menjadi kegiatan belajar di rumah.

Memang, karena pandemi ini, Anda dan keluarga tidak bisa kemana-mana, dan ini membuat Si Kecil merasa bosan. Pandemi virus Corona yang saat ini sedang terjadi membuat masyarakat diharuskan untuk tinggal di Rumah dan tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Hal ini juga berdampak kepada anak-anak yang masih sekolah dan orangtua yang bekerja. Sekolah menerapkan sistem pembelajaran online (baik e-learning maupun melalui convention video). Perkataan “Di Rumah Saja” memang menjadi jargon yang sepertinya kini mulai terdengar resmi di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, beberapa suggestions belajar daring agar tidak bosan yang dilakukan dari rumah, tersajikan di bawah ini.

Seperti dilansir dari halodoc.id, dengan berkebun, Si Kecil dapat mengembangkan hampir semua jenis indra yang dimilikinya. Mereka bisa merasakan tekstur tanah, biji, bunga, dan kelopak bunga dengan tangannya. Mereka juga bisa mencium berbagai aroma bunga dan melihat kelopak bunga yang berwarna-warni. Manfaat berkebun juga dapat membantu mengembangkan koordinasi tangan-mata dan membangun kekuatan fisik Si Kecil. Berkebun membuat Si Kecil aktif bergerak saat bekerja keras menggali, membawa, mengangkat, menyaring, menyiram, dan lain-lain. Saat santai siang, Moms bisa membacakan buku kesukaan Si Kecil.

Kalau anak Anda suka mencoret-coret tembok dengan crayon saat ia merasa bosan, Anda bisa mengalihkan perhatiannya dengan menyediakan media lain untuk menggambar. Untuk mencegah anak merasa bosan, Anda bisa membuat sarang laba-laba tiruan menggunakan lakban atau selotip. Kemudian lemparkan gumpalan kertas ke bagian lakban yang lengket hingga kertas menempel. Saat Anda tidak memiliki dana untuk jalan-jalan ke pantai, Anda bisa menggantinya dengan sebuah kotak kayu yang diisi pasir halus, atau gula maupun garam. Sebagai panduan Anda bisa mencetak sebuah huruf dengan font besar di atas kertas dan meminta anak Anda untuk membuatnya di kotak pasir mainan tersebut. Berikan pada anak untuk membuat bangunan, apakah bentuk menara atau lainnya.

Cara agar anak tidak bosan dirumah

Adanya kebijakan ini memaksa guru dan murid untuk tetap bekerja dan belajar dari rumah (kemdikbud.go.id, 2020). Kebijakan ini tentunya tidak hanya berdampak pada relasi guru dan murid selama BDR, namun juga pentingnya optimalisasi peran orang tua dalam pelaksanaan BDR. Pembelajaran teknologi informasi memang sudah diberlakukan dalam beberapa tahun terakhir dalam sistem pendidikan di Indonesia. Namun, pembelajaran Kong4D daring yang berlangsung sebagai kejutan dari pandemi Covid-19, membuat kaget hampir di semua lini, dari kabupaten/kota, provinsi, pusat bahkan dunia internasional. Dengan belajar di rumah, orang tua juga harus siap berperan menjadi guru pengganti untuk anaknya di rumah. Selain itu, orang tua jua harus siapkan fasilitas untuk bisa daring secara lancar untuk menunjang kegiatan belajar di rumah.

Misal anak lebih aktif dan banyak gerak, kenapa tidak membuat kelas di outdoor saja, sehingga bisa menyatu dengan alam tanpa keterbatasan ruang gerak. Kami telah memperbarui kebijakan privasi untuk mencerminkan komitmen kami dalam memastikan keamanan data Anda. Silakan lihat kebijakan privasi terbaru kami untuk informasi lebih lanjut. Dengan melanjutkan penelusuran di situs ini, Anda memberikan persetujuan terhadap hal yang sama.

Kalau udah bener-bener enggak bisa mengikuti pelajaran, tak perlu bikin gaduh dan mengganggu temanmu. Ambil kertas dan bikin corat-coretmu sendiri, seperti menuliskan rencana-rencanamu, menggambar komik, atau yang lain. Bila sanggup memecah fokus, coba saja mendengarkan guru atau dosen sambil mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas-tugas yang lain. Di belahan bumi manapun, corona masih mendominasi ruang publik. Dalam waktu singkat saja, namanya menjadi trending topik, dibicarakan di sana-sini, dan diberitakan secara masif di media cetak maupun elektronik. Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menyebabkan penyakit menular ke manusia.

Olahraga rutin, pola makan yang sehat hingga meditasi juga tak hanya baik bagi kesehatan fisik, tapi juga dapat menurunkan stres dan meningkatkan suasana hati. Anak yang pemalu bisa disiasati dengan dilatih kepercayaan dirinya sejak dini. Salah satu cara mudah untuk melatih kepercayaan diri anak dengan mengajaknya ikut membantu pekerjaan rumah, seperti menyapu, menyirami tanaman, atau membereskan barang. Percaya atau tidak, cara ini sangat efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri anak untuk melakukan sesuatu, Bu. Pelajaran anak TK bisa disampaikan sambil bermain permainan yang edukatif.

Comments are closed.