Tips Agar Produksi Asi Dapat Melimpah

Written by Riko on December 30, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

FarmaMoms, pemberian ASI sebenarnya akan lebih efektif jika dilakukan dengan metode langsung dari payudara. Persiapan menyusui harus dimulai sejak jauh hari, bukan dadakan. Karena itu sebaiknya sejak usia 6-7 kehamilan sudah mulai berkonsultasi ke dokter laktasi. Beri tahu dokter jika Moms mengalami rasa sakit saat terjadi rangsangan di payudara. Air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk bagi Moms yang sedang menyusui. Selain meningkatkan bonding, sentuhan dan kontak dengan Si Kecil juga dapat digunakan sebagai cara merangsang payudara agar produksi ASI meningkat.

Tips agar ASI melimpah

Pastikan ASI di salah satu payudara sudah benar-benar kosong, sebelum berganti ke payudara yang lain. Selain bisa membuat Busui merasa kenyang lebih lama, mengonsumsi bubur gandum atau bubur oat juga dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Bagi ibu menyusui, tentu keputusan mengonsumsi jamu dikembalikan pada sang ibu.

Yang juga penting untuk dikonsumsi misalnya buah dan sayur. Saya sendiri menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi madu, sari kurma dan sari kedelai. Produksi ASI akan bertambah dalam waktu 3-7 hari sesuai intruksi tersebut. Bila kita tidak konsisten dan jarang menyusui, produksi ASI pun akan berkurang. dr. Dimple memberikan demo cara melakukan pijat oksitosinAgar pijatan lebih smooth, bisa dibantu dengan minyak, salah satunya seperti Bio Oil.

Maraknya berita tentang jaringan pedofilia di Facebook tentunya membuat orang tua khawatir. Lakukan beberapa hal ini untuk membentengi anak dari kejahatan seksual di dunia maya maupun di lingkungan rumah dan sekolah. Gunakan ujung ibu jari dan jari telunjuk untuk memelintir pelan puting susu hingga beberapa kali. Untuk itu, ia memberikan ideas yang bisa membuat ASI kembali produksi setelah berhenti sementara waktu, agar kesehatan bayi tetap terjaga dan nutrisinya terpenuhi. Anatomis payudara Jumlah lobus dalam payudara juga mempengaruhi produksi ASI. Selain itu, perlu diperhatikan juga bentuk anatomis papila atau puting susu ibu.

Posisi ketika memerah ASI ternyata juga berpengaruh pada jumlah atau quantity dari ASI yang keluar. Ketika salah posisi ternyata membuat jumlah ASI yang diperah tidak keluar dengan maksimal. Jika dilihat di dalam metode ini, artinya Moms harus melakukan pompa selama 40 menit.

Rasa bahagia selama menyusui memicu hormon oksitosin dan hormon inilah yang dapat memperlancar ASI. Dengan banyaknya asupan air putih, Busui terhindar dari dehidrasi, lemas, kekeringan di area mulut dan nyeri punggung dan pinggang. Tidak jarang, seorang ibu justru merasa harus menahan diri menyusui bayi ketika merasa air susunya sedikit. Ketika si kecil menempel di payudara Bunda dan memasukkan areola ke mulutnya, sel saraf di payudara akan mengirimkan sinyal ke otak untuk melepaskan oksitosin.

Dokter kandungan maupun bidan biasanya menyarankan pada ibu untuk tidak mengonsumsi obat-obatan baik selama masa hamil maupun menyusui. Hal ini dapat mempengaruhi atau berdampak buruk bagi bayi sebagai akibat dari bahan-bahan kimia yang ada dalam obat. Jika memang ibu dalam keadaan darurat untuk mengonsumsi obat maupun pil KB dalam masa menyusui, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ataupun bidan. Anda merupakan salah satu dari sekian ibu yang tidak memproduksi ASI dalam jumlah cukup? Jangan terburu-buru untuk memberikan susu formulation pada bayi Anda.

Akan tetapi, setiap Ibu yang baru saja melahirkan pastinya mengalami masalah dengan produksi Asi yang tidak lancar. ASI yang susah keluar tidak hanya dialami oleh para Ibu yang melahirkan secara caesar, tapi lebih dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsinya. Banyak Ibu-ibu yang mengalami stres lantaran ASI yang keluar hanya sedikit, sementara itu kebutuhan ASI semakin banyak. Akan tetapi, para Ibu kini tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang harus dilakukan dengan mudah agar ASI keluar banyak sehingga ASI lebih tercukupi. Pertama, kompres puting payudara dengan air hangat selama 2 menit, lalu oleskan puting dengan baby oil atau skincare khusus untuk mencegah puting payudara kering.

Bahan-bahan natural yang diproses menjadi suplemen ini biasanya sudah dipercaya sejak dulu kala mampu membuat produksi ASI lebih lancar. Suplemen penambah atau pelancar ASI di sini bukan berupa obat, melainkan berisi berbagai campuran bahan herbal yang diramu dan dikemas menjadi satu. Peningkatan produksi ASI ini didapatkan setelah ibu menyusui rutin minum ramuan tradisional tersebut selama 28 hari. Mulai dari jamu cair yang bisa langsung diminum, diolah menjadi pil, maupun bubuk yang harus diseduh terlebih dahulu. Jamu tergolong ke dalam obat tradisional yang diolah dari tumbuh-tumbuhan sehingga menghasilkan sebuah ramuan. Hindari losion atau minyak pijat yang mengandung pewangi atau pewarna tambahan.

Comments are closed.