Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil 1

Written by Riko on December 26, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Pastikan mengonsumsi makanan yang telah matang dengan sempurna, termasuk telur. Telur mentah mengandung bakteri Salmonella yang dapat menimbulkan infeksi pada ibu hamil sehingga sangat berbahaya. 10 makanan sehat berikut punya keunggulan masing-masing untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Makan banyak anggur dapat meningkatkan asupan terkait vitamin C dan K, folat, antioksidan, serat, asam organik, dan pektin.

Kacang-kacangan merupakan makanan sehat untuk ibu hamil karena kaya akan zat besi, protein, folat, kalsium, dan seng. Kacang-kacangan juga kaya asam lemak omega 3 dan lemak sehat lainnya yang baik bagi perkembangan otak. Beberapa jenis kacang yang sangat baik dikonsumsi selama kehamilan adalah kenari, almond, hazelnut, dan kacang mede. Contohnya, sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan bayam kaya akan zat besi yang baik bagi Bunda dan janin.

Selain itu, daging unggas seperti ayam dan bebek juga bisa menjadi pilihan makanan yang baik dikonsumsi saat hamil. Tidak harus makan lebih banyak, tetapi makanlah saat lapar, porsi secukupnya, dan dengarkan tubuh. Jika Anda tidak yakin tentang efek dari makanan pedas pada tubuh, coba beberapa sendok dan tunggu reaksinya sebelum makan seporsi utuh.

Telur merupakan makanan sehat untuk ibu hamil yang kaya zat kolin yang sangat baik untuk membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi. Penting bagi setiap ibu hamil untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil. Misalnya, folat untuk mencegah bayi terlahir cacat, kalsium dan protein untuk pembentukan jaringan tubuh dan tulang janin, serta zat besi untuk mencegah anemia saat hamil.

Kenyataannya di Indonesia masih banyak ibu-ibu yang saat hamil mempunyai standing gizi kurang, misalnya kurus dan menderita anemia. Hal ini dapat disebabkan karena asupan makanannya selama kehamilan tidak mencukupi untuk kebutuhan dirinya sendiri dan bayinya. Selain itu kondisi ini dapat diperburuk oleh beban kerja ibu hamil yang biasanya sama atau lebih berat dibandingkan dengan sebelum hamil. Akibatnya, bayi tidak mendapatkan zat gizi yang dibutuhkan, sehingga mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Kandungan vitamin C-nya juga dapat membantu mencegah kerusakan sel dan menyerap zat besi. Kacang-kacangan juga bisa menjadi makanan yang baik untuk ibu hamil karena ada kandungan asam folat, serat, protein, zat besi, dan kalsium. Jenis kacang-kacangan yang cocok sebagai makanan yang sehat untuk ibu hamil adalah kacang kedelai, kacang tanah, kacang polong, dan buncis. Makanan dan minuman yang berbahan dasar susu sangat baik dikonsumsi selama hamil muda. Mama dapat mengonsumsi susu dan produk susu seperti yoghurt dan keju untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin dan tubuh. Asparagus termasuk makanan sehat untuk ibu hamil karena salah satu sumber alami folat terbaik.

Ibu Hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang tinggi vitamin C, untuk membantu proses penyerapan zat besi di dalam tubuh dan mencegah anemia pada ibu hamil. Salmon merupakan bahan makanan sumber omega-3 yang diperlukan untuk perkembangan otak dan mata janin. Asam lemak omega-3, terutama EPA dan DHA, penting dikonsumsi selama kehamilan. Namun, secara umum, ibu hamil disarankan untuk membatasi asupan makanan laut setidaknya 2x per minggu dikarenakan kandungan merkuri dan kontaminan lainnya yang ditemukan pada makanan laut. Selain itu, ikan salmon juga merupakan salah satu bahan makanan sumber vitamin D alami yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan fungsi imun. Tidak mengherankan, sayuran hijau seperti kangkung, brokoli, bayam, dan daun kale, menjadi makanan yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan.

Untuk mendapatkan omega-3, wanita hamil harus mengonsumsi ikan berlemak, biji chia, biji rami, dan makanan yang diperkaya omega-3. Bila memiliki kekebalan yang baik, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit. Bila Mam kurang asupan Zinc selama kehamilan, bisa menimbulkan berbagai risiko bayi lahir prematur dengan berat badan rendah, hingga risiko keguguran. Wanita hamil hanya memerlukan tambahan 200 kalori per hari dalam tiga bulan terakhir masa kehamilan.

Tomat merupakan sumber vitamin C yang dibutuhkan dalam pembentukkan tulang, gigi, dan gusi bagi buah hati. Ibu hamil biasanya dianjurkan oleh dokter atau bidannya untuk mengonsumsi jus buah alpukat. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung vitamin B dan C, asam folat, serta kalium. Ibu hamil tentunya membutuhkan nutrisi yang baik dan cukup untuk kesehatan imunnya dan juga janin. Ubi merupakan salah satu makanan bergizi tinggi untuk ibu hamil yang kaya akan kandungan vitamin A.

Comments are closed.