Langkah Tepat Supaya Lancar Menyusui

Written by Riko on December 24, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Caranya, gunakan dua jari telunjuk atau ibu jari untuk mengurut puting susu ke arah berlawanan menuju ke dasar payudara sampai ke semua daerah payudara. Banyak faktor yang menentukan keberhasilan seorang ibu ketika menyusui. Persiapan menyusui perlu dilakukan sejak ibu masih di awal kehamilan sampai menjelang persalinan. Persiapan yang matang dan kesiapan psychological seorang ibu insyaallah akan banyak membantu ketika melakukan aktivitas menyusui. Sebaiknya ibu banyak bertanya dan belajar tentang masalah menyusui.

Tak dapat dimungkiri, dibutuhkan waktu untuk melatih sang bayi agar proses menyusuinya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selama Anda sanggup melakukannya, tentunya dengan izin dokter, maka Anda bisa terus menyusui bayi saat hamil. Namun, menyusui dapat memicu pelepasan hormon oksitosin yang mampu menyebabkan kontraksi ringan. Hamil sambil menyusui tidak akan berdampak buruk pada ibu maupun janin. Janin yang ada dalam kandungan pun tetap bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan dari tubuh ibunya. Meskipun menyusui adalah proses yang pure, bukan berarti dapat dilakukan dengan mudah.

Hormon kehamilan dalam aliran darah tidak mempengaruhi keamanan ASI. Para ahli mengatakan hormon kehamilan tidak akan masuk ke ASI dengan mudah dan ASI aman dikonsumsi bayi seperti ketika ibu sedang tidak hamil. Normalnya puting susu akan menonjol keluar untuk memudahkan bayi mengisap ASI. Pijat secara perlahan dasar puting susu agar puting tidak datar atau masuk ke dalam. Bila puting tetap masuk ke dalam atau datar maka harus dilakukan pananganan sejak hamil 3 bulan.

Kegiatan dan gerakan sehari-hari harus memperhatikan perubahan fisik dan mental yang terjadi. Di antara waktu kegiatan diperlukan istirahat guna melemaskan otot-otot. Bagi wanita bekerja, perlu diatur agar cuti hamil dan bersalin diambil sebanyak mungkin setelah bersalin sehingga dapat menyusui bayinya selama mungkin sebelum kembali bekerja. Susu merupakan sumber vitamin D dan kalsium yang baik untuk tubuh, terlebih bagi kesehatan tulang. Selain itu, kandungan nutrisinya pun mampu melancarkan produksi ASI. Sayuran hijau ini mengandung potasium, kalsium, vitamin C, vitamin A dan protein.

Cara untuk ibu hamil banyak asi

Ganti ukuran bra secara berkala saat hamil karena ukuran payudara akan terus bertambah, dimulai dari trimester pertama. Salah satunya yaitu kandungan Vitamin C, sekitar 244 hingga 314,3 mg yg mampu memerangi infeksi virus flu. Dikutip mantrapandeglang.com dari kanal YouTube Kunci Sehat pada Kamis, 27 Mei 2021, berikut ini 10 manfaat daun katuk untuk kesehatan. Gerakan prenatal yoga dirancang khusus untuk melatih kelenturan tubuh dan kekuatan otot ibu hamil, khususnya bagian perut, pinggul dan panggul. Latihan pernapasan saat yoga juga dapat membantu saat terjadi kontraksi nanti. Seperti olahraga pada umumnya, prenatal yoga dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh.

Comments are closed.