Catat Daftar Makanan Wajib Bagi Ibu Hamil Saat Berpuasa

Written by Riko on December 27, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Ibu hamil memerlukan asupan nutrisi seperti asam folat, vitamin B6, zat besi, karbohidrat, protein, kalsium, lemak, serat, dan vitamin C. Untuk bisa memenuhi seluruh nutrisi ini dengan cukup dan seimbang, makanan sehat untuk ibu hamil bisa dijadikan sebagai pilihannya. Ibu hamil sangat membutuhkan protein untuk pertumbuhan bayi dan memastikan otot-ototnya berkembang dengan baik. Daging adalah sumber protein yang baik serta membantu menyuplai dosis vitamin B6 yang baik untuk pertumbuhan jaringan dan otak bayi. Dalam makanan sehat untuk ibu hamil ini juga terdapat vitamin B12 juga yang fungsinya membantu menjaga kesehatan syaraf dan sel darah merah. Menurut Huliana peningkatan kebutuhan gizi untuk ibu hamil sebesar 15 %, karena dibutuhkan untuk pertumbuhan rahim, payudara, volume darah, plasenta, air ketuban dan pertumbuhan rahim.

Untuk gejala-gejala khusus yang sulit diatasi sendiri, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan seperti bidan. Sehingga bisa diberikan saran-saran terbaik yang mendukung proses kehamilannya. Benar-benar memastikan tingkat kematangannya, dan mengusahakan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi sesuatu. Dengan Jovee, suplemen yang kamu pesan adalah hasil rekomendasi berdasarkan kebutuhan kamu.

Di trimester pertama ini ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi produk olahan susu yang kaya kalsium. Ketika sedang mengandung, makanan ibu hamil harus selalu diperhatikan. Bagi seorang Moms yang sedang mengandung pastinya selalu ingin si kecil terlahir dengan sehat, sempurna, dan cerdas. Untuk mendapatkannya, maka Moms perlu memperhatikan makanan yang sehat bagi ibu hamil agar janin bisa berkembang dengan baik dan tidak kekurangan apapun.

Namun beberapa ikan mengandung merkuri tinggi yang tidak baik dikonsumsi ibu hamil. Karena merkuri merupakan senyawa kimia yang memberikan dampak buruk pada perkembangan janin. Semua ikan sebenarnya mengandung merkuri, tetapi ada beberapa ikan yang kandungan merkurinya sangat tinggi. Saat sudah memasuki trimester kedua dan ketiga, ibu hamil sangat disarankan untuk menambah asupan protein yang bisa diperoleh dari telur.

Selain itu, makanan yang bagus untuk ibu hamil ini juga kaya dengan anti-oksidan sehingga meningkatkan kekebalan sistem imun. Nah, vitamin ini sangat penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan pada janin. Jenis susu mentah termasuk makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena mengandung bakteri yang bisa menginfeksi dan menyebabkan komplikasi kehamilan. Ketika sedang hamil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Konsultasikan berbagai makanan yang aman dan tidak aman dikonsumsi selama hamil.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Saat hamil, Bunda membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak hamil. Namun, kandungan nutrisi dalam makanan Bunda harus tetap lengkap, beraneka ragam, dan seimbang. Cara menghitungnya yaitu kebutuhan makan sebelum hamil ditambah 15 persen. Sebab saat hamil terjadi pertumbuhan rahim, payudara, air ketuban dan janin. Sebanyak 40 persen makanan digunakan untuk pertumbuhan janin dan 60 persennya kebutuhan ibu. Tambahan energi dan protein diperlukan untuk menurunkan angka Berat Badan Lahir Rendah , kesakitan dan kematian bayi.

Namun tidak semua makanan sehat ternyata aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan janinnya. Salah satu manfaat buah lemon untuk ibu hamil adalah membantu meredakan mual terutama saat trimester pertama. Rasa mual dan muntah yang mengganggu bagi sebagian ibu hamil dapat dibantu redakan dengan minum perasan buah lemon. Jambu biji adalah pilihan buah yang sangat baik untuk orang-orang yang menginginkan lebih dari nutrisi vitamin C dan E, polifenol, karotenoid, isoflavonoid, dan folat. Namun, Mama harus memastikan daging yang dikonsumsi sudah matang secara menyeluruh ya.

Menariknya, ubi tetap nikmat dimakan dalam keadaan asli atau sudah diolah. Jika bosan dengan ubi rebus, buat saja camilan lain seperti keripik ubi. Camilan yang terbuat dari olahan susu ini juga sehat untuk dikonsumsi ibu hamil.

Kalium pada kurma membantu menjaga pembuluh darah tetap rileks dan menurunkan tekanan darah. Makanan sehat untuk ibu hamil ini mengandung kolin yang penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi. Kekurangan kolin dapat menyebabkan cacat tabung saraf dan kerusakan memori seumur hidup.

Daging sapi, daging ayam, dan daging ikan merupakan kelompok makanan yang kaya kandungan protein. Selain itu, terdapat pula kandungan zat besi sebagai mineral penting yang berguna dalam pembentukan sel darah merah. Sel darah merah berperan penting untuk mengantarkan oksigen ke semua sel dalam tubuh. Sehubungan dengan hal itu, ibu hamil harus mempunyai standing gizi yang baik dan mengonsumsi makanan yang beranekaragam baik proporsi maupun jumlahnya.

Comments are closed.