Cara Menjaga Kesehatan Kehamilan Selama Pandemi

Written by Riko on December 17, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Hal ini sangat penting dilakukan karena mobilitas sering kali menjadi pemicu seseorang terpapar virus corona yang saat ini semakin sulit terdeteksi sumber penularannya. Buah-buahan sangat baik mencegah penularan virus corona, berikut beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi. Apabila Anda harus mengajak Si Kecil keluar rumah, seperti ke rumah sakit atau klinik, sebaiknya gunakan stroller. Hal ini akan menjaga bayi dari jangkauan orang asing yang ingin menyentuhnya, sehingga terhindar dari paparan virus. Namun jika hanya ke apotek atau swalayan, sebaiknya minta bantuan keluarga lain untuk menjaga Si Kecil selama di rumah saja.

Meskipun demikian, yang menjadi fokus kemudian adalah ketika ibu hamil mulai memasuki fase bersalin atau melahirkan. Hal ini harus menjadi perhatian, untuk menghindari sang bayi dari paparan virus yang mungkin saja telah menginfeksi ibunya, atau tim medis yang membantu persalinan. Dilansir dari Antara, dokter kandungan Mohammad Haekal menjelaskan langkah-langkah pencegahan saat dan setelah melahirkan agar bayi tak terinfeksi virus. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mencatat bahwa wanita hamil lebih rentan terkena semua jenis infeksi pernafasan, seperti flu. Hal ini di antaranya disebabkan karena kehamilan mengubah sistem kekebalan tubuh selain juga memengaruhi paru-paru dan jantung. Namun, sejumlah studi terbaru menunjukkan bahwa sebagian besar ibu hamil dengan infeksi virus Corona hanya punya gejala yang ringan bahkan tidak parah jika dibandingkan dengan populasi umum.

Tidak hanya itu, ibu hamil juga dapat mendiskusikan dengan suami, kira-kira apa yang paling membuat ibu hamil cemas dengan kehamilannya melihat situasi pandemi ini. Atau takut terinfeksi terhadap kehamilannya yang akhirnya membuat ibu hamil mengurung diri di rumah tanpa melakukan kegiatan positif? Jika telah mengetahui sumber kecemasan ibu hamil, ajak suami untuk bersama-sama mencari solusinya. Tidak hanya itu, ibu hamil juga dapat berkonsultasi dengan Obgyn atau Psikolog untuk membantu melihat solusi apa saja yang dapat ibu hamil lakukan. “Bila terpaksa harus menyentuh, segera mencuci tangan atau gunakan hand sanitizer,” kata dr. Ivan.

Belum ada informasi mengenai pelaksanaan uji klinis bagi ibu hamil. Saat ini uji klinis baru dilakukan terhadap orang berusia di atas 16 tahun. Uji vaksin terhadap anak berusia lebih muda baru direncanakan pada 2021.

Sayur, buah dan kecukupan air minum sangat mendukung kondisi kesehatan ibu. Diutamakan konsumsi makanan yang hangat, untuk meningkatkan imunitas dan memperbaiki selaput lendir yang melapisi dinding saluran pernapasan, sup hangat adalah menu pilihan terbaik. Bola.com, Jakarta – Pandemi COVID-19 telah menyerang hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Semua orang tetap harus waspada untuk melindungi diri dari paparan virus corona, termasuk para ibu hamil.

“Semakin banyak orang yang divaksinasi influenza, semakin sedikit beban yang harus kami tanggung di rumah sakit.” Sementara itu, laman Today menuliskan, meski virus influenza berbeda dari virus corona, ibu hamil dianjurkan melakukan vaksin flu jika belum mendapatkannya. Menurut CDC, virus corona menyebar utamanya melalui kontak dekat dengan orang terdampak melalui tetesan pernafasan. Haekal menegaskan bahwa menunda atau membatasi kunjungan ke fasyankes perlu dilakukan, karena kondisi ibu hamil yang lebih rentan jika terkena infeksi berbagai virus, termasuk virus Corona SARS-CoV-2. KOMPAS.com – Menjaga imunitas atau kekebalan tubuh merupakan poin penting untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk Covid-19 yang hingga saat ini masih menyebar di dunia.

Cara agar terhindar covid bagi ibu hamil

Penggunaan masker tidak hanya dilakukan agar Anda terhindar dari Virus Corona, tapi juga wajib dilakukan agar Anda tidak menularkan virus apapun ke orang lain. Cara mencegah virus Corona pada ibu hamil yang pertama adalah dengan menghindari kawasan ramai. Batasi paparan ke space yang ramai dan cenderung padat yang mana sirkulasi udara juga sangat tidak perfect untuk ibu hamil. Jika memang terpaksa harus pergi, kenakan masker untuk melindungi dari virus, dan segeralah cuci tangan setelah tiba di rumah. , Anda tetap perlu rutin cuci tangan, selalu memakai masker jika keluar rumah, jaga jarak dari orang lain minimal 1 meter, dan langkah-langkah lainnya. Tidur cukupKurang tidur atau terlalu letih dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit dan menurunkan sistem imunitas tubuh.

Comments are closed.