Belajarlah Menerima Taqdir Yang Menimpa Diri Kita

Written by Riko on March 13, 2021 in LIP 4 with no comments.

Jika ada hal yang kurang sesuai dan butuh kritik, sampaikan dengan bahasa yang santun dan jangan sampai merendahkan orang lain. Karena tidak semua cinta harus mengungkapkan, terkadang diam adalah cara terbaik. Maka di sepertiga malamku namamu kupinjam untuk kudoakan berulang kali. Jangan khawatir mengenai takdir cinta, karena Allah telah menuliskan nama pasanganmu sebelum engkau lahir ke dunia. Maka, yang perlu engkau lakukan hanyalah memperbaiki hubunganmu dengan Allah. Nah, di zaman sekarang ini kita bisa dengan mudah menemukan konten kata-kata mutiara Islami di berbagai platform online.

Menjadi orang yang selalu tulus dalam berbuat baik

Contoh lainnya, dalam menangani anak-anak yatim dan berbagi dengan mereka. Al-Qur`ân dan Hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memuat pesan-pesan untuk memperlakukan mereka dengan baik, menangani urusan mereka, mendidik mereka dan memelihara harta-benda mereka. Sebagian orang pun mendaulat diri sebagai orang tua asuh bagi anak-anak yatim. Seorang kerabat mengambil tanggung-jawab pendidikan anak yatim dari keluarga besarnya. Bisa saja, ya, bisa saja, waktu itu saya belum berpikir bahwa sebenarnya berbuat baik kepada siapa saja itu sudah menjadi kodrat sebagai manusia.

Berbuat baik pada diri sendiri juga merupakan kewajiban kita sebagai umat manusia. Kita perlu menjaga diri sendiri dari bahaya dan hal-hal yang menimbulkan dampak negatif dalam kehidupan kita. Contohnya mengkonsumsi nutrisi yang menyehatkan tubuh, tidur dan istirahat cukup, belajar hal-hal positif, serta berinteraksi dengan cara yang baik dengan sesama, lingkungan dan semesta. Ini adalah tugas kita sebagai manusia, apalagi sebagai umat beragama atau makhluk yang punya sistem kepercayaan untuk mengamalkan atau mengimplementasikan sifat-sifat ketuhanan. Sifat-sifat ketuhanan adalah memelihara apa yang ada di diri, sekitar, dan semesta dengan cara berperilaku baik. Artinya kita bisa berguna bagi orang lain dan tidak membawa dampak negatif bagi orang lain.

Orang yang hanya mementingkan dirinya sendiri itu disebut “egois,” yaitu sikap anti sosial. Orang yang seperti itu tidak akan bisa hidup dengan pergaulan yang baik. Marzuki ‘Kill the DJ’ Mohamad, Tembak Ikan Terpercaya seorang penyanyi rap yang memberdayakan petani di Dusun Banjarsari, Desa Kokosan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, terpilih menjadi salah satu yang turut terlibat dalam inisiatif ini.

Apabila ajang pilihan wakil rakyat usai, usai sudah empati terhadap masyarakat miskin. Dalam konteks ini, orang-orang miskin hanya menjadi komoditas bagi kepentingan golongan tersebut. Virus hanya satu diantara ratusan karya Slank yang liriknya ditulis berdasarkan nilai positif dan semangat kebaikan.

Rasa sesal biasanya timbul setelah seseorang melakukan suatu hal yang salah. Penyesalan sering kali membuat penderitanya terpuruk hingga merasa ingin kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kesalahan yang telah diperbuatnya. Mungkin tidak ada seorang pun yang menyatakan bahwa sabar itu mudah. Namun, jika mampu bersabar, maka kamu akan mendapati sesuatu yang indah esok hari.

Saya mempunyai tekad untuk meningkatkan nilai keekonomian kita. Untuk menjadi orang sabar dan ikhlas, tentunya Anda perlu belajar mengontrol emosi. Kamu harus mampu tulus membidik hatimu, anggap saja apa yang sedang kamu lakukan memang Allah yang minta, anggap saja memang Allah yang menjanjikan kebaikan kepadamu, dan sejatinya memang begitu hakekatnya saat kamu berbuat baik?

Dari mereka yang punya kesabaran dan berjiwa ikhlas, Anda bisa belajar banyak untuk melatih kesabaran dan keikhlasan Anda. Daripada terus-menerus berpikiran negatif, lebih baik Anda menyikapi segala hal dengan optimistis. Jangan mudah berprasangka buruk dengan keadaan maupun terhadap orang lain. Selalu bersikap serius akan membuat suasana dalam pergaulan menjadi tegang dan kaku.

Comments are closed.