Alasan Bahaya Mengunakan Wadah Plastik Untuk Hangatkan Makanan Di Microwave

Written by Riko on December 16, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Wah, jangan sampai kekhawatiran Bunda mempengaruhi janin dalam kandungan ya. Sudah bukan rahasia jika ibu hamil harus menjaga mood agar tetap joyful dengan pikiran yang relaks. Tetapi, saat pandemi seperti ini,ibu hamil memang jadi dihantui ketakutan ekstra dalam menghadapi wabah COVID-19. Pertemuan tatap muka yang dibatasi akibat pandemi COVID-19 mengharuskan staf menggunakan Whatsapp untuk mengadakan konseling bagi ibu hamil dan menyusui. Saat ini, belum ada vaksin atau pengobatan spesifik untuk coronavirus.

Jika tidak ada air dan sabun, Bumil bisa menggunakan hand sanitizer. Hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60% cukup efektif untuk membasmi kuman di tangan. Masker kain yang direkomendasikan oleh Gugus Tugas COVID-19 adalah masker kain three lapis. Menurut hasil penelitian, masker kain dapat menangkal virus hingga 70%. Masker medis digunakan untuk ibu yang sakit dan ibu saat persalinan. Sementara itu, masker kain dapat digunakan bagi ibu yang sehat dan keluarganya.

Anjuran ini memang sudah digaungkan WHO untuk mencegah penyebaran virus corona. Bukan hanya untuk orang dewasa, ibu hamil pun juga bisa mencegah penularan virus corona dengan melakukan cuci tangan secara rutin. Karena itu, penting bagi Anda untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. CDC mengatakan, Anda bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alokohol minimal 60% jika tidak memiliki sabun dan air.

Vaksinasi tetap harus diberikan pada bayi, meski terlambat dari waktu yang seharusnya. Hal ini sangat dianjurkan oleh para dokter, agar daya tahan tubuh bayi tetap terjaga serta tumbuh kembangnya optimal. Saat hendak vaksinasi, tanyakan dahulu informasi terkait hal tersebut kepada rumah sakit tujuan untuk membuat jadwal khusus. Tindakan karantina mandiri yang kurang dipahami ini menimbulkan satu kekhawatiran para ibu.

Cara agar terhindar covid bagi ibu hamil

Ini bisa dilihat dari populernya jenis-jenis makanan tertentu pada saat bulan Ramadhan, seperti minuman atau makanan yang mengandung santan, gorengan, dan berbagai makanan dengan rasa atau bumbu yang kuat. Demikian pula dengan makanan dengan kadar gula tinggi seperti kue – kue, permen, jajanan dan sebagainya, banyak disajikan sebagai makanan kecil di saat bulan Ramadhan. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan melemahnya sistem imun tubuh sehingga tubuh menjadi rentan terhadap infeksi. Apalagi di tengah kondisi terjadinya wabah seperti saat ini, tubuh tentunya membutuhkan asupan gizi yang baik agar kadar imun bisa tetap terjaga tinggi. Harapan kita bersama Pandemi Covid-19 ini segera berlalu dan bebas dari Covid-19 ini agar semua bisa kembali regular dan stabil. Secara khusus kepada ibu hami semoga saran dan masukan dalam tulisan ini bisa dituruti sebagai upaya menjaga kesehatan ibu dan anak demi memnjaga masa depan bangsa kita yang lebih baik.

Sebaliknya, yang sehat dapat tetap menjaga kondisi terbaiknya dan terhindar dari virus Corona dengan tidak berkeliaran di luar rumah. Untuk menghindari hal tersebut, rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan di air mengalir. Jika sedang tidak memungkinkan, kamu bisa membersihkan tanganmu dengan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol. Langkah ini diyakini bisa membunuh virus yang menempel di tanganmu. “Karena pemeriksaan ANC ini penting maka sebaiknya ibu hamil tetap melakukannya dengan sesuai standar protokol kesehatan ketika akan melaksanakan di rumah sakit,” ujarnya. Hingga kini, pemerintah masih mengupayakan segala cara guna menurunkan angka pasien positif terinfeksi, salah satunya dengan PSBB di berbagai daerah.

Jika demam, batuk, atau sulit bernapas, segera cari bantuan medis. Sementara itu, WHO menyatakan belum ada bukti bahwa ibu hamil berisiko lebih tinggi terjangkit corona. Menurut Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, knowledge demografis yang tersedia masih sangat terbatas. Agar dapat terhindar dari berbagai macam virus terutama Covid-19 perlu diperhatikan beberapa hal dalam penerapan pola hidup sehat. Benda-benda di tempat publik seperti railing tangga, tombol carry, atau deal with pintu biasanya sudah disentuh oleh orang lain yang tidak dipastikan kebersihan, sehingga penting untuk selalu membersihkan tangan.

Comments are closed.