5 Cara Mengatur Keuangan Usaha Dagangan Kecil

Written by Riko on March 11, 2021 in LIP 4 with no comments.

Dalam hal tersebut, Dr. Gatot mengatakan bahwa untuk menjaga keberlanjutan varietas atau usaha tani, maka diperlukan kebijakan kemandirian petani melalui penyediaan benih, pembuatan varietas baru dan penyediaan pupuk organik sendiri. “Untuk membangun kemandirian Situs Bola Online petani, fasilitas pemerintah harus diarahkan sepenuhnya langsung kepada petani, bukan kepada perusahaan negara. Oleh karena itu, maka sebaiknya perlu ditumbuhkan kemandirian petani dalam pengembangan perbenihan dan pembuatan varietas baru tanaman,” tutupnya.

Saat krisis ekonomi yang melanda dunia tahun 1997 lalu, sebagian besar kelompok industri rumah tangga mampu bertahan, sementara industri menengah dan besar justru banyak yang gulung tikar. Hal ini karena keberlangsungan hidup keluarga pelaku industri ini sebagian besar tergantung dari usaha yang dikelola tersebut. Pernyataan ini merupakan paparan dari dosen Agribisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta , Dr. Ir. MP saat memberikan penjelasan dalam diskusi publik, Sabtu (8/10) di AR Fachruddin A lantai 5 UMY.

Mengelola usaha serta mengelola rumah tangga

Ide bisnis ini didapat dari banyaknya remaja yang sedang menyukai berbagai macam aksesoris dan pernak pernik trend terkhusus di kota Medan. Dengan modal awal Rp700 ribu, dan ketekunannya menjalani bisnis souvenir kini Tengku Fahila mampu meraih omzet yang fantastis yakni Rp60 juta dalam satu tahun. Tengku Fahila Kurnia salah satu contoh usaha kecil-kecilan tapi berakhir sukses. Tengku Fahila memulai bisnisnya di bidang pembuatan souvenir dari kain flanel dan velboa.

Meski sebenarnya mengatur keuangan rumah tangga bukanlah perkara yang mudah, tetapi mulai menerapkan gaya hidup hemat dan pengelolaan keuangan yang baik, bisa dilakukan untuk mengatur keuangan rumah tangga. Catatan keuangan berupa pemasukan dan pengeluaran rutin menjadi semakin penting di saat pandemi semakin mengganas. Di saat seperti ini, baik suami maupun istri harus tahu cara mengelola keuangan rumah tangga. Suami/istri yang lebih paham dan biasa mengelola keuangan rumah tangga harus mau membantu pasangannya untuk mengejar ketinggalannya, agar keduanya bisa mengelola keuangan rumah tangga dengan baik. Seperti berapa persen uang yang digunakan untuk operasional usaha, berapa persen laba yang kamu tetapkan, berapa persen uang untuk cadangan kas usaha, serta berapa persen uang yang digunakan untuk pengembangan usaha. Biasanya besar prosentase yang ditentukan masing-masing pengusaha tidak sama.

Memilih lokasi dengan modal minim memiliki risiko bangkrut lebih besar hal itu disebabkan pemilihan lokasi yang kurang strategis. Terlepas dari keuntungan yang didapat, kamu juga harus memperhatikan risiko yang ditanggung dari pelaku usaha kecil. [newline]Efektifitas dari pemilik usaha kecil sangat mempengaruhi sukses atau tidaknya bisnis ini, jadi jika kamu tidak bersungguh-sungguh melakukannya maka jangan berharap banyak dari keuntungan bisnis ini. Kemudian waktu yang diperlukan untuk memulai usaha kecil juga tidak banyak, justru semakin cepat usaha kecil dimulai maka semakin cepat respon dari kebutuhan pasar yang terus berubah. Hal ini disebabkan karena kamu tidak hanya mendapatkan penghasilan dari satu bisnis usaha saja.

Selain itu laporan keuangan bulanan juga akan mempermudah kamu untuk mengevaluasi perkembangan usaha secara berkala. Mungkin pengalaman seperti ini juga pernah kamu alami ketika memulai usaha baru. Kesalahan besar yang sering dilakukan pemula adalah tidak memisahkan antara keuangan usaha dengan uang pribadi.

Karena itu, dengan mengelola keuangan secara baik, maka kita juga akan dengan mudah mencapai kesuksesan di masa depan. Efek dari virus corona tersebut tidak hanya berdampak pada kesehatan semata. Untuk mengurangi dampak resesi tersebut tentu harus melakukan penanggulangan dengan cara menekan pengeluaran dan membangun bisnis sampingan. Nah, untuk membantu masyarakat, Tim Pengabdi dari Pendidikan Ekonomi melakukan Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Usaha Budidaya Sayuran Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dari bulan April sampai dengan saat ini guna mendampingi masyarakat untuk memanfaatkan halaman rumah yang selama ini hanya lahan mati menjadi lahan produktif. Dengan kegiatan itu, diharapkan masyarakat dapat menekan pengeluaran karena dapat mengkonsumsi sayuran tanpa mengeluarkan rupiah serta apabila memiliki kelebihan hasil panen dapat mendapatkan tambahan rupiah.

Lakukan perhitungan serealistis mungkin dengan melibatkan seluruh risiko dan rencana bisnis. Tentukan target pribadi untuk mendapatkan dana pelunasan cicilan utang, jauh-jauh hari sebelum waktu jatuh tempo datang. Jangan lupa, tanamkan motivasi bagi dirimu sendiri bahwa semakin cepat utang terlunasi, semakin cepat pula bisnis kamu akan terbebas dari beban finansial. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai bidang tugasnya. Menghabiskan uang dari keuntungan usaha memang sangat menggoda, namun alangkah baiknya jika kamu tidak menghabiskan semuanya. Dengan membuat anggar, kamu membatasi pengeluaran sesuai dengan koridor yang sudah ditentukan dan diestimasikan sebelumnya.

Comments are closed.