25 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil, Catat!

Written by Riko on December 27, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Usahakan ikan yang anda konsumsi tidak mengandung merkuri karena tidak baik bagi perkembangan tubuh. Saat hamil usahakan tingkatkan konsumsi telur, daging dan ikan agar kebutuhan bayi dalam kandungan tercukupi dengan baik. Berbagai sayur dan buah-buahan merupakan komponen utama dalam pola makan yang sehat untuk Ibu hamil.

Itulah alasannya banyak praktisi dan ilmuwan yang menganjurkan untuk setiap ibu hamil dan menyusui untuk minum susu. Setiap ibu hamil dan menyusui wajib mencukup minimal one thousand mg kalsium per hari. Ibu hamil dituntut selalu memerhatikan kesehatan tubuhnya dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Tidak hanya bermanfaat untuk dirinya, tetapi juga bayi dalam kandungan. Oleh sebab itu, penting bagi seorang calon ibu harus mengetahui makanan sehat untuk ibu hamil. Selain menjadi sumber vitamin C, jeruk juga mengandung asam folat yang bisa mencegah kerusakan otak dan sumsum tulang belakang, serta antioksidan yang bisa menangkat berbagai radikal bebas.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Pada trimester pertama, saat kehamilan mencapai usia bulan, adalah masa penyesuaian tubuh ibu terhadap awal kehamilannya. Karena pada tiga bulan pertama ini pertumbuhan janin masih lambat, penambahan kebutuhan zat-zat gizinya pun masih relatif kecil. Dalam keadaaan ini biasanya ibu hamil mengalami mual, muntah-muntah, dan tidak berselera makan, sehingga asupan makanan perlu diatur. Makanan sebaiknya diberikan dalam bentuk kering, porsi kecil, dan frekuensi pemberian yang sering. Gandum utuh dapat membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan kalori terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Berbeda dengan biji olahan, biji-bijian utuh mengandung serat, magnesium, dan vitamin terutama vitamin B.

Alpukat kaya akan vitamin, nutrisi, dan lemak baik yang menyehatkan tubuh. Konsumsi alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan sensitivitas insulin serta dapat membantu menurunkan berat badan. Perlu diketahui bahwa edamame termasuk camilan yang menyehatkan karena kaya akan protein, asam folat, kalisium, zat besi, seng, vitamin A hingga vitamin B. Menjadi sumber yang kaya antioksidan, kalsium, protein, serat, folat, vitamin dan kalium, sayuran hijau adalah tambahan yang bagus untuk food regimen kehamilan Anda.

Produk dairy merupakan sumber protein, kalsium, fosfor, vitamin B, magnesium, dan zinc. Nah berikut beberapa makanan yang bisa ibu hamil konsumsi agar janin di dalam kandungan tetap sehat. Minum air penting karena volume darah Mum akan meningkat selama kehamilan. Hidrasi yang adekuat dan optimum dapat mencegah konstipasi dan infeksi saluran kemih yang sering terjadi pada ibu hamil.

Comments are closed.