Vaksin Covid

Written by Riko on December 16, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Ia pun meminta anggota keluarga untuk melindungi ibu hamil agar tidak terinfeksi penyakit berbahaya tersebut. Karena vaksin Covid-19 masih diprioritaskan bagi tenaga kesehatan, ibu hamil non-tenaga kesehatan belum dapat menerima vaksin. Bila kelak sudah dapat menjadi penerima vaksin, pahami prosedur yang berlaku terutama terkait dengan standing keamanannya. Butuh rekomendasi dari otoritas kesehatan bagi ibu hamil untuk bisa memperoleh vaksin dengan aman. Maka diharapkan uji klinis segera berlangsung untuk melihat efek vaksin Covid-19 pada ibu hamil.

Semua orang harus melakukan physical distancing untuk mencegah penularan COVID-19. Perlu diingat, penggunaan masker yang keliru justru meningkatkan risiko penularan. Jika menyediakan layanan bersalin dan bayi baru lahir, maka tidak boleh mempromosikan pengganti ASI, botol susu, dot, atau boneka di bagian mana pun dari fasilitas tersebut, baik pemilik atau staf. Meski begitu, ibu hamil dapat berkonsultasi dengan tenaga medis jika khawatir dengan kondisi kesehatan diri dan janin. Dokter Irvan menyebut salah satu vitamin yang dibutuhkan ibu hamil untuk bisa menangkal virus adalah vitamin D.

Pada saat sahur, jika perlu bisa minum suplemen vitamin C, vitamin E dan zink untuk mengoptimalkan produksi B-Cell dan T-Cell yang berfungsi sebagai “pertahanan lapis pertama” dari sistem kekebalan tubuh. Agar tubuh menjadi kuat dan sehat saat puasa, terlebih di tengah pandemi world Covid-19 saat ini, World Health Organization – Eropa telah menerbitkan panduan tentang cara makan sahur dan berbuka selama bulan Ramadhan. Pada panduan tersebut juga berisi informasi berharga tentang nutrisi untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat (EMRO-WHO, 2020).

Farmasi UGM. Sesaat lagi umat muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan Ramadhan. Umat Islam menjalankan ibadah berpuasa selama satu bulan penuh, dari terbit fajar hingga matahari tenggelam atau saat adzan maghrib berkumandang. Dengan mempercayai tim medis, ibu bisa lebih tenang dan terhindar dari stres selama COVID-19 ini. Namun, ibu hamil juga tetap perlu menjaga kebersihan dan kesehatan untuk terhindar dari virus ini. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat. Jangan lupa, sebaiknya Bunda memilih lodge yang bersih dan jauh dari keramaian, ya.

Apabila masih sulit tidur, coba untuk membaca buku, makan makanan kecil seperti buah, atau minum susu hangat. Ibu hamil sebenarnya malah dianjurkan untuk tidur malam lebih lama dari biasanya selama trimester pertama kehamilan. Banyak tidur juga dianjurkan untuk membantu proses persalinan lebih lancar dan membuat kesehatan ibu hamil terjaga dengan baik. Masalahnya adalah, selama hamil wanita akan lebih mudah ngantuk di siang hari dan sulit tidur di malam hari.

Padahal protokol kesehatan sangat penting diterapkan sebagai upaya melindungi diri dari penularan virus corona. Hal utama yang perlu diterapkan ketika akan keluar rumah dan menjalankan pemeriksaan di rumah sakit adalah menggunakan masker. Selain itu, tak lupa dengan sering mencuci tangan, menjaga jarak dan hindari kerumunan. Ibu hamil disebut-sebut masuk dalam kelompok yang lebih rentan terpapar virus corona. Musababnya, selama masa kehamilan, perempuan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh yang membuat mereka rawan terkena gangguan pernapasan. Menjaga kehamilan saat Covid bertujuan untuk menghindari paparan virus Corona.

Cara agar terhindar covid bagi ibu hamil

Jika memang tidak ada hal-hal yang begitu penting, hindari untuk keluar rumah. Alih-alih menjaga jarak aman, ada baiknya hindari saja kerumunan untuk sementara waktu. Kamu tidak pernah tahu apa yang bakal kamu hadapi karena saat ini dunia sedang “berperang” melawan sesuatu yang tidak terlihat. Apapun yang kamu sentuh di luar sana bisa jadi sudah disentuh oleh orang yang sudah terpapar virus Corona. Salah satu makanan yang baik dikonsumsi selama kehamilan adalah kurma. Buah khas Timur Tengah ini memiliki banyak manfaat dan sarat nutrisi.

Pasalnya, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat membantu melepaskan energi secara perlahan selama puasa berjam-jam. Terbatasnya asupan nutrisi menjadi tantangan utama saat seseorang menjalani ibadah puasa Ramadan. Tak sedikit orang memiliki anggapan beraktivitas saat berpuasa dapat membuat tubuh lemas, tidak berenergi, hingga mudah jatuh sakit.

Comments are closed.