Panduan Porsi Makan Ibu Hamil Yang Sehat Dan Tepat

Written by Riko on December 22, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

“Jadi untuk makannya, harus dihitung itu adalah jumlah kalorinya. Nanti disesuaikan, untuk ibu hamil ada penambahan 20 persen dari kebutuhan normal biasanya,” ungkapnya. Lakukan suapan-suapan kecil dan kunyah selama mungkin agar lebih cepat terasa kenyang dan makanan lebih mudah dicerna.

Selama berpuasa di bulan Ramadan, saat sahur dan berbuka sebisa mungkin batasi konsumsi yang terlalu pedas dan asam. Ibu hamil sebenarnya malah dianjurkan untuk tidur malam lebih lama dari biasanya selama trimester pertama kehamilan. Infeksi serius tertentu yang dialami ibu saat hamil dapat meningkatkan risiko komplikasi serta risiko bayi lahir cacat.

Bahkan juga banyak orang hanya makan 2 kali yaitu berbuka dan sahur dengan makanan yang seadanya. Dalam sebuah studi tahun 2015, wanita hamil yang menjalani akupuntur dapat membuat badan terasa enak untuk tidur dan makan. Saat makan atau minum, otot biasanya terbuka membiarkan isi masuk ke lambung sebelum menutup dengan kencang. Hal itu dapat membuat otot itu kendur, sehingga asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan bahkan ke tenggorokan.

Menghirup asap rokok dapat menyebabkan kurangnya berat badan sang bayi, kelahiran prematur, meninggalnya bayi saat lahir, dan berbagai dampak merugikan lainnya. Selain rokok, alkohol juga dapat memperlambat pertumbuhan janin, perkembangan sistem saraf pusat yang tidak regular serta cacat fisik. Para ahli menyarankan untuk selalu menjaga suasana hati yang positif ketika menantikan kehadiran sang anak, sehingga proses kehamilan dan persalinan dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, calon bayi Mum juga akan menjadi sehat serta memiliki perkembangan emosional yang baik.

Diabetes gestasional juga dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi selama kehamilan atau yang biasa disebut dengan preeklampsia. Umumnya, diabetes gestasional akan hilang dengan sendiri saat si kecil lahir. Namun hal ini tidak berlaku bagi Bunda yang telah mengalami diabetes sebelum hamil.

Setengah porsi piring terdiri dari sayur dan buah-buahan dalam ragam jenis dan warna. Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya. Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan analysis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Cara mengatur pola makan ibu hamil

Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi buah sebanyak 200 gram atau sekitar 2-4 porsi buah per hari. Tak heran jika ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi tahu dan tempe sebanyak 75 gram atau 3 potong kecil per porsinya atau setiap kali makan. Usai melewati masa morning sickness dan muntah tiap kali makan di masa trimester pertama, maka di trimester kedua ini, nafsu makan ibu hamil biasanya mulai membaik. Jadikan hidup sehat menjadi pengingat Mama agar mampu mengurangi kebiasaan makan menjelang tidur.

Comments are closed.