Nutrisi Untuk Mama Menyusui

Written by Riko on December 14, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Untuk ibu-ibu dengan bayi yang baru lahir, mungkin terdengar mustahil untuk bisa tidur nyenyak dalam waktu yang cukup, bayi sering mengajak begadang lantaran siklus tidur yang belum teratur. Namun, sesungguhnya cukup tidur dan menghindari stres bagi ibu adalah hal terbaik untuk memperbanyak ASI. Selama 6 bulan pertama kehidupan bayi, ASI dan menyusui harus menjadi satu-satunya sumber makanan.

Jadi, sedikitnya jumlah ASI yang keluar secara otomatis menurunkan rangsangan tubuh dalam memproduksi ASI. Oleh karena itu di dalam Pedoman Umum Gizi Seimbang , susu ditempatkan dalam satu kelompok dengan sumber protein hewani lain. Dari segi kualitas protein, telur dalam ilmu gizi dikenal lebih baik dari susu karena daya cerna protein telur lebih tinggi daripada susu. Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli mengandung vitamin A yang baik untuk bayi dan ibu.

Yang perlu dilakukan seorang ibu menyusui pertama harus mengonsumsi makanan yang bergizi supaya produksi ASI meningkat. Kalaupun kelenjar payudara cukup, produksi ASI yang tidak berkualitas masih bisa terjadi ketika payudara tidak memiliki asupan bahan baku untuk memproduksi ASI. “Bahan baku ASI diasup tidak hanya ketika sedang menyusui tetapi ketika dalam persiapan,” kata dia. Para ibu kemudian diminta menyusui bayinya yang berusia 2-3 bulan.

Bagaimana cara mendapatkan ASI berkualitas

Jika Anda ibu yang bekerja dan melakukan pumping, usahakan untuk pumping setiap 5 jam. Kacang almon memiliki kandungan asam amino esensial, asam folat, vitamin, serta antioksidan. Selain itu, susu almon ini memiliki sixteen varian rasa yang dijamin tidak akan membuat Anda bosan. Ada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap fenugreek atau blessed thisthle. Produk ini terbuat dari bahan herbal goat’s rue atau dengan nama latin Galega officinalis.

Hal ini merupakan salah satu cara memperbanyak ASI dengan pendekatan psikologis yang sangat berpengaruh. Mintalah bantuan bantuan dari pasangan, teman, atau keluarga untuk mengurus keperluan sehari-hari. Jika Anda berhasil mendapatkan tidur yang cukup dan tetap santai, maka semakin baik produksi ASI baik kualitas ataupun kuantitasnya. Cobalah untuk memberikan bayi waktu menyusu sebanyak yang dia butuhkan, ketika bayi sudah cukup kenyang maka secara otomatis dia akan berhenti menyusu dengan sendirinya. Dan jangan lupa untuk memberikan ASI dari payudara sebelahnya secara bergantian.

Lengkapi knowledge di bawah ini untuk mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhan Ibu dan si Kecil. Jika Ibu memiliki pertanyaan seputar nutrisi untuk bayi, ibu dapat bertanya langsung ke pakar kami melalui fitur Tanya Pakar. Namun untuk menggunakan fitur tersebut, ibu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu ya, Bu.

Namun bila menggunakan air hangat, cukup direndam selama 1 jam, dan ditambah sedikit garam. Bila telah mengapung dan sebagian terkelupas, maka kacang hijau siap untuk diolah menjadi makanan apa pun. Kacang-kacangan juga merupakan makanan untuk meningkatkan produksi ASI. Salah satu kacang-kacangan terbaik dalam merangsang produksi ASI adalah kacang almond.

Comments are closed.