Infeksi Virus Corona Pada Ibu Hamil

Written by Riko on December 17, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Dengan bantuan ini, Anda pun tidak perlu khawatir akan penularan COVID-19 yang bisa mengancam ibu hamil dan bayi di kandungannya serta terhindar dari stres. Bila perlu cobalah lakukan meditasi untuk mencegah stres pada ibu hamil selama pandemi COVID-19 ini. Caranya, tarik napas dalam-dalam dan perlahan melalui hidung Anda lalu biarkan bahu Anda merasa rileks. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mendapatkan tidur yang cukup agar tetap sehat dan terhindar dari stres, termasuk selama pandemi COVID-19. Untuk mendapatkan tidur yang cukup, ibu hamil perlu tidur tepat waktu dan mengurangi melihat telepon seluler sebelum tidur. Tips liburan yang berikutnya bagi ibu hamil di saat pandemi adalah pemilihan tempat liburan.

Cara agar terhindar covid bagi ibu hamil

Karena itu, giat mengonsumsi makanan yang bergizi merupakan pilihan yang sangat tepat untuk saat ini. Sebagai orang yang sedang berbadan dua, kamu tentunya harus memperhatikan asupan gizi dari apa yang kamu makan demi menjaga kesehatanmu dan janinmu, terlebih di tengah wabah virus Corona saat ini. Jangan sampai wabah Corona malah membuatmu panik sehingga lupa akan kesehatanmu dan juga janin yang sedang di kandungan.

Lakukan cara-cara berikut guna meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Dari hasil yang didapatkan mayoritas atau sebagian besar ibu hamil tidak mengalami kecemasan terhadap COVID-19. “Banyak ibu hamil yang enggan melakukan pemeriksaan ke dokter karena cemas tertular.

Menjaga tren kasus baru covid-19 yang selama dua bulan terakhir mulai menurun di samping orang yang sembuh dari covid juga mengalami peningkatan. Kalau mengalami demam, merasa lelah dan batuk kering, lakukan isolasi diri. Bila tidak tersedia air, gunakan cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%).

Menggunakan masker untuk menutup mulut dan hidung serta faceshield untuk melindungi space mata. Lakukan pendaftaran secara online untuk menghindari antrian di rumah sakit. Setelah usia kehamilan 37 minggu, pemeriksaan bisa dilakukan seminggu sekali hingga waktu persalinan tiba. Pemeriksaan kesehatan akan dilakukan menyeluruh pada ibu hamil dan calon buah hati. Selanjutnya pada trimester II, periksa kehamilan dilakukan satu kali pada usia kandungan 20 minggu. Pemeriksaan USG kembali dilakukan untuk mengetahui kondisi organ-organ bayi dan plasenta, serta mendeteksi jika ada kelainan.

Mereka yang sedang hamil tentu harus memastikan asupan gizi bisa terpenuhi agar daya tahan tubuh tetap stabil, sehingga virus berbahaya tidak mudah menyerang. Ibu hamil juga perlu memperhatikan asupan gizi untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari virus Corona. Bagi yang bergejala ringan, misalnya, dengan tetap tinggal di rumah tentu bakal menghindari orang lain dari penularan.

Dikatakan dr. Kathleen Juanita Gunawan, sampai saat ini belum ada rekomendasi bagaimana proses persalinan paling aman untuk mencegah Covid-19. Namun, yang dapat dilakukan adalah kembali pada indikasi apakah ada gejala pada ibu hamil atau bayi yang harus dilakukan tindakan. Infeksi virus corona masih menjadi ancaman kesehatan bagi semua orang, tak terkecuali ibu hamil dan ibu menyusui.

Comments are closed.