Daftar Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Dan Manfaatnya

Written by Riko on December 28, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Namun jumlah rekomendasi ini bisa berbeda diberikan oleh dokter, bergantung dari tingkat aktivitas harian Bunda. Beberapa contoh camilan sehat untuk ibu hamil muda yakni biskuit, permen jahe, pretzel, dan popsicle buah-buahan. Cuci semua sayur dan buah yang akan dimasak agar bersih dari sisa tanah dan kotoran yang mengandung kuman, misalnya parasit toksoplasma.

Bila perlu, diskusikan dengan dokter untuk menghitung kebutuhan kalori harian dan menyesuaikannya dengan menu food plan ibu hamil sehari-hari. Pastikan diet atau pola makan ibu hamil mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ingat, apa pun yang Mum konsumsi akan memengaruhi energi dan kesehatan Mum, juga tumbuh kembang janin. Wajar bagi Mum untuk mengalami peningkatan berat badan selama kehamilan, namun pastikan peningkatan tersebut berasal dari makanan-makanan sehat yang kaya nutrisi.

Gandum merupakan sumber makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung serat, vitamin E, serta selenium yang sangat bagus untuk membantu perkembangan janin di perut. Ikan salmon merupakan salah satu sumber vitamin hewani yang wajib dimasukkan ke dalam menu makanan bergizi tinggi untuk ibu hamil. Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan mata janin. Bahagia sekali saat dokter menyatakan akan ada kehidupan di rahim anda. Tentu saja segala persiapan untuk menyambut hadirnya sang buah hati benar-benar diperhatikan. Persiapan untuk pemenuhan nutrisi selama di dalam kandungan adalah salah satunya.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Karena makanan berlemak bias membuat sistem pencernaan lebih lambat saat mengolah makanan, sehingga membuat perut menjadi kembung dipenuhi dengan gas. Perut kembung yang biasanya muncul diusia kandungan 29 minggu ini, juga bisa disebabkan karena ukuran rahim membesar dan adanya perlambatan dalam sistem pencernaan. Untuk mengatasi kondisi ini, simak artikel berikut ini yang akan membahas tentang cara mengatasi perut kembung saat hamil. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW ”Laut itu suci airnya, halal bangkainya.” Namun makanan yang halal belum tentu thayyib.

Terlebih lagi, Anda dapat menjaga kebersihan dan mengontrol penggunaan bahan yang kurang baik bagi si kecil dalam kandungan. Selain itu, konsumsilah makanan dengan porsi yang sedikit, tetapi pada intensitas yang lebih sering. Hal ini berguna untuk Anda yang sering mengalami mual saat masa kehamilan. Demi menjaga kesehatan dan keselamatan bayi di kandungan Anda, perhatikanlah segala asupan makanan Anda sejak dini. Kandungan zat besi pada brokoli bermanfaat dalam mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Selain itu, kandungan asam folat pada makanan sehat untuk ibu hamil ini bermanfaat dalam melindungi bayi dari kelainan tulang belakang dan cacat tabung syaraf.

Oat dan quinoa juga termasuk makanan sehat yang mengandung protein tinggi yang baik untuk kehamilan. Fish liver oil atau minyak hati ikan terbuat dari hati ikan berminyak cod. Minyak ikan ini kaya akan vitamin A serta asam lemak omega 3 EPA dan DHA yang sangat penting untuk perkembangan otak dan mata janin. Tak hanya itu, minyak hati ikan juga sangat kaya vitamin D yang dapat ditemukan pada makanan laut atau suplemen omega 3 dan vitamin D.

Comments are closed.