Daftar Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Written by Riko on December 28, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Secara umum, Mum direkomendasikan untuk minum air minimal 2 liter/hari , bahkan bisa lebih tergantung kebutuhan masing-masing individu. Satu pill minyak hati ikan menyediakan lebih dari asupan harian yang direkomendasikan untuk omega-3, vitamin D dan vitamin A. Kamu juga bisa mendapatkan probiotik dengan mengkonsumsi suplemen probiotik selama kehamilan.

Umumnya mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi yang membantu tubuh menyerap zat besi. Selain itu, vitamin C juga penting untuk kesehatan kulit dan menjaga fungsi kekebalan tubuh terutama bagi ibu hamil. Legum merupakan istilah untuk berbagai bahan makanan yang berasal dari kacang-kacangan, di antaranya kacang polong, lentil, buncis, kedelai, serta kacang tanah. Legum adalah sumber nabati sangat baik dari serat, protein, zat besi, kalium, asam folat B9, magnesium, dan kalsium yang semuanya dibutuhkan tubuh selama kehamilan. Selain itu, kebiasaan makan yang buruk dan penambahan berat badan yang berlebih pada ibu hamil juga dapat meningkatkan risiko diabetes dan komplikasi kehamilan atau pada saat melahirkan. Sehingga Anda harus bijak memilih makanan sehat dan bergizi demi kesehatan Anda dan bayi.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Bayam kaya akan asam folat, sementara brokoli diketahui mengandung tinggi zat besi. Salmon kaya asam lemak omega three yang baik bagi pertumbuhan otak dan mata janin. Tapi, konsumsi salmon sebaiknya dibatasi paling banyak sekali dalam seminggu. Hal ini untuk menghindari kandungan merkuri yang biasa terdapat pada ikan laut. Telur merupakan salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi selama hamil, karena mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Bentuk sintetis dari vitamin B9 alias folat ini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan sel plasenta dan buah hati. Asam folat dipercaya bisa membantu menurunkan risiko gangguan jantung, preeklamsia, dan cacat tabung saraf seperti ensefalopati dan spina bifida. Membantu bayi yang sedang berkembang untuk menerima suplai oksigen yang cukup. Ibu hamil yang kekurangan zat besi dapat mengalami anemia dan berdampak pada meningkatnya risiko kelahiran prematur serta mengalami depresi setelah melahirkan. Zat besi terkandung di sayuran berdaun hijau, daging merah, lentil dan kacang-kacangan, makanan laut seperti kerang, serta unggas. Sayur mayuran yang bewarna hijau mengandung antioksidan, vitamin A, kalsium, potassium dan juga serat tinggi.

Ingatlah untuk juga memperhatikan cara pengolahan bahan-bahan makanan sehat untuk ibu hamil tersebut demi memaksimalkan manfaatnya. Produk susu sangat banyak ragamnya, tapi semuanya mayoritas mengandung kalsium, fosfor, vitamin B, magnesium, dan zinc yang bermanfaat bagi ibu hamil. Ibu hamil harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung sakharin , sakarin diketahui dapat menembus plasenta dan tetap berada di jaringan janin. Protein dan kalori akan digunakan untuk membentuk plasenta, ketuban, menambah volume darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh. Kebutuhan cairan pada ibu hamil dapat meningkat hingga dua kali lipat.

Hal ini akan mencegah terjadinya dehidrasi dan kondisi lemas selama menjalani puasa. Jumlah complete kebutuhan air putih itu bisa diatur dalam kurun waktu mulai dari berbuka puasa hingga sahur. Sehingga badan akan tetap segar dengan terpenuhinya kebutuhan air mineral dalam tubuh. Bila mengalami mual, disarankan untuk memilih makanan yang kering seperti roti bakar atau biskuit. Hindari makanan yang merangsang saluran cerna dan yang berbumbu tajam, hindari makanan berlemak dan minuman yang mengandung alkohol serta kafein.

Comments are closed.