Cara Memperbanyak Asi Yang Sudah Sedikit Secara Alami

Written by Riko on December 31, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Buah dan sayur membantu memperbanyak produksi air susu ibu. Vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam sayur dan buah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu dan membantu meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Selama menyusui, penting bagi Anda untuk makan makanan yang bergizi. Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi makanan sehat. Usahakan untuk mengonsumsi beberapa makanan yang terbukti memperbanyak ASI, seperti buah pepaya, wortel, bayam hingga daun katuk.

Bayi lahir dengan cairan ekstra, yang terdapat dalam jaringan tubuh mereka. Cairan ini berguna untuk asupan mereka, sebelum mendapatkan ASI pertamanya. Maka, jangan heran jika bayi mengalami penurunan berat badan, beberapa hari setelah kelahirannya, sebagai akibat dari pengeluaran cairan ekstra ini.

Hal yang perlu diingat agar produksi ASI bertambah adalah hisapan bayi yang baik. Jika payudara semakin sering dihisap dengan hisapan yang baik, maka produksi ASI ibu akan bertambah banyak. Saat ini saya mempunyai seorang anak laki-laki berusia tiga bulan. Let down reflex yang menyakitkan bukanlah hal yang aneh, dan nyeri biasanya hilang setelah Moms menyesuaikan diri dengan menyusui si kecil.

Rahmat menegaskan, agar produksi ASI lancar ibu memang harus bahagia dan percaya diri bisa menyusui bayinya. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan frekuensi menyusui si kecil, Moms. Semakin sering menyusui, maka produksi ASI akan semakin melimpah. Moms, diet ketat memang tidak dianjurkan untuk ibu menyusui. Hal tersebut bisa membuat ibu mudah lemas, lelah, dan lesu, sehingga bisa mengurangi produksi ASI. Penggunaan obat penurun berat badan dalam bentuk apapun juga sangat tidak diperkenankan untuk dikonsumsi ibu menyusui.

Daun katuk mengandung zat latagogum yang dapat meningkatkan produksi ASI. Selain itu, sayuran ini juga mengandung steroid dan polifenol yang mampu meningkatkan kadar prolaktin. Mengonsumsi rutin daun katuk efektif untuk memperlancar dan meningkatkan kualitas ASI agar lebih kental. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan produksi ASI menurun.

Sayangnya, banyak ibu yang tidak mengetahui cara memperbanyak ASI secara alami, sehingga suplemen menjadi pilihan utama. Padahal, tubuh perempuan secara alami dapat memproduksi ASI untuk mencukupi kebutuhan bayinya. Bagaimana caranya agar saya bisa kembali mengeluarkan ASI agar anak saya bisa kembali minum ASI saya?

Tidak perlu memikirkan berapa banyak ASI yang keluar saat berusaha memompa. Moms harus ingat kalau tujuan memompa itu agar memberikan rangsangan dan stimulasi. Kegiatan memompa juga dapat mengosongkan ASI yang belum dihabiskan Si Kecil.

Ketika ini terjadi, hisapan bayi akan melambat dan mulut mereka akan penuh dengan ASI. Pil mini adalah pil KB yang paling tepat untuk ibu menyusui, karena tidak mempengaruhi hormon yang diperlukan untuk memproduksi ASI. Pilihan lainnya adalah berbagai cara KB yang tidak menyangkut hormon, misalnya kondom. Saya mendapatkan informasi ini dari seorang teman di group Komunitas Ibu Menyusui. Teman-teman saya mencobanya dan ASI langsung melimpah dalam 1 hari berikutnya.

Tips agar ASI melimpah

Jika Anda merasa tidak tenang saat tidur, maka Anda bisa meminta tolong suami atau anggota keluarga yang lain untuk bergantian menjaga bayi. Seringkali ibu yang menyusui tidak memiliki banyak waktu untuk istirahat karena sibuk merawat bayinya dan pekerjaan rumah atau kantor. cobalah untuk memompa ASI Anda setidaknya setelah 15 menit sehabis menyusui.

Jika Busui jarang menyusui atau hanya menyusui sebentar-sebentar, produksi ASI Busui bisa menjadi lebih sedikit. Oleh karena itu, susuilah Si Kecil setidaknya 8-12 kali sehari. Di sela jadwal menyusui, Busui bisa memompa atau memerah ASI untuk merangsang produksinya.

Comments are closed.