5 Suggestions Memperbanyak Asi Untuk Ibu Menyusui Yang Sedang Hamil

Written by Riko on December 25, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Meski demikian, sebaiknya Bunda tidak minum lebih dari 12 gelas air sehari karena dapat menurunkan pembentukan ASI. Bunda sebaiknya memilih makanan dengan kandungan lemak tak jenuh untuk mempersiapkan produksi ASI. Contoh makanan yang mengandung lemak tak jenuh adalah ikan tuna, alpukat, dan jagung. Karbohidrat diserap dan disalurkan melalui ASI dalam bentuk laktosa.

Langkah ini dikenal dengan let down reflex yang bisa merangsang kontraksi pada otot-otot payudara, sehingga ASI dapat lebih lancar mengalir keluar. Moms, tahukah kalau tubuh kita mulai bersiap untuk memproduksi ASI dari sejak masa kehamilan? Hal ini bertujuan agar Moms langsung bisa menyusui si Kecil segera setelah melahirkan. Tentunya tubuh melewati beberapa proses untuk dapat memproduksi ASI saat hamil. Dilansir dari laman Kelly Mom, anda perlu mengevaluasi cara menyusui bayi anda ketika berat badan turun sekitar 7 persen atau lebih setelah dilahirkan hingga berumur 4 hari.

Cara untuk ibu hamil banyak asi

Hal seperti ini juga bisa membantu melepaskan hormon oksitosin yang melancarkan keluarnya ASI. Di kesempatan lain, Bunda juga bisa meminta bantuan Ayah untuk melakukan pijat oksitosin agar ASI semakin lancar. Hormon prolaktin yang meningkat setelah melahirkan belum cukup untuk memproduksi ASI yang melimpah.

Nah itulah semua jenis makanan penambah ASI sebelum melahirkan untuk ibu hamil agar tetap sehat da menghasilkan ASI yang banyak setelah melahirkan. Mengkonsumsi semua makanan menyehatkan ini tidak hanya baik untuk ibu hamil saja tapi juga janin dalam kandungan. Biji fenugreek sering digunakan sebagai salah satu ramuan cara agar ASI keluar sebelum melahirkan. Biji fenugreek bisa dikonsumsi selama ibu hamil sudah mencapai usia kandungan 7 sampai 9 bulan.

Eits, tapi meningkatnya hormon prolaktin tak serta-merta membuat ASI keluar dengan lancar ya. Soalnya, perihal satu ini bergantung pada peran hormon lain, yakni oksitosin. Saat melahirkan, plasenta keluar dari tubuh Bunda, otomatis hormon estrogen dan progesteron yang tadinya tinggi mendadak menurun drastis. Ketika ini terjadi, meningkatlah hormon prolaktin untuk memproduksi lebih banyak ASI. Prolaktin adalah hormon yang bertanggung jawab dalam memproduksi ASI.

Lihat gambar Piramidaku berapa banyak sebetulnya ibu harus mengkonsumsi makanan yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari hari. Jangan lupa banyak minum air putih untuk mengatasi kehausan di sela sela menyusui. Masa kehamilan adalah masa yang paling dinanti oleh setiap pasangan yang menikah karena akan adanya kehadiran keluarga baru di tengah-tengah keharmonisan rumah tangga. Masa kehamilan menjadi salah satu momen berharga yang dirasakan oleh setiap calon ibu dan tentunya akan mempersiapkan yang terbaik bagi kelahiran sang buah hatinya kelak.

Comments are closed.